Raudhah, Taman dari Taman-Taman Surga yang Ada di Masjid Nabawi

Kategori : News Article, Ditulis pada : 09 Desember 2022, 17:46:47

Menunaikan ibadah haji dan umrah, tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi di Kota Madinah. Tepatnya datang ke Masjid Nabawi. Masjid yang menjadi pusat perjuangan Islam ketika Rasulullah hijrah dari Makkah ke Madinah ini, masih terawat dengan apik hingga sekarang ini. Bahkan, didatangi jutaan umat Islam sepanjang tahun saat melaksanakan ibadah ke tanah suci.

Masjid Nabawi sendiri memiliki desain arsitektur yang unik pada bangunannya, di antaranya bangunan masjid yang terdiri dari dua buah bangunan bertingkat dengan bentuk persegi panjang tak beraturan yang luas. Selain itu, pelataran masjid Nabawi juga sangat luas dengan desain arsitektur yang Islami. Ada kubah dan payung yang dapat membuka dan menutup secara otomatis di halaman masjidnya. Ini menjadi daya tarik dan pesona keindahan dari Masjid Nabawi.

49.jpg

Photo by Anas Miah on Unsplash

Tempat-tempat istimewa yang terdapat di masjid Nabawi di antaranya yaitu makam Rasulullah SAW dan para sahabat. Sebab dulunya, rumah Nabi SAW ketika tinggal di Madinah berdekatan bahkan menyatu dengan bangunan masjid Nabawi. Rasulullah wafat di kamarnya bersama Aisyah RA. Beliau juga dimakamkan di kamar tersebut.

Nah, yang tak kalah luar biasa adalah ada tempat yang dikenal dengan Raudhatul Jannah atau Raudhah. Ingin mengetahui lebih lanjut seputar Raudhah? Yuk simak hingga akhir ulasan berikut ini agar Anda lebih bersemangat untuk berkunjung ke Baitullah serta mengunjungi Raudhah!

Apa itu Raudhah?

Raudhah yaitu tempat kecil di antara kamar Rasulullah (yang sekarang adalah makam Nabi SAW) dengan mimbar Masjid Nabawi. Dulunya, Raudhah ini terletak di luar area Masjid Nabawi, karena merupakan tempat di antara rumah Nabi dengan masjid. Namun, seiring perluasan Masjid Nabawi, tempat ini pada akhirnya menyatu dan menjadi bagian dari area dalam Masjid Nabawi.

Dalam salah satu hadits disebutkan bahwa, terdapat satu tempat di dunia ini yang merupakan salah satu taman dari taman-taman yang berada di surga. Rasulullah SAW bersabda,

“Apa yang berada di antara rumahku dan mimbarku adalah taman-taman surga.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dan tempat yang dimaksud adalah tempat di antara mimbar masjid Nabawi dan kamar Rasulullah, kemudian lebih terkenal dengan sebutan Raudhatul Jannah yang artinya “Taman Surga”. Luar biasa sekali bukan? Selama ini kita hanya bisa membayangkan bagaimana gambaran surga yang terdapat di Al Quran. Namun, kita bisa menjumpai salah satu taman surga ketika di dunia dari apa yang disabdakkan oleh Rasulullah SAW tersebut.

Batas lokasi

Letak Raudhah dibatasi oleh beberapa tempat di area Masjidil Nabawi. di sebelah kiri kiblat masjid atau timur, berbatasan dengan kamar Aisyah RA yang saat ini menjadi tempat Rasulullah dimakamkan. Sesuai dengan wasiat Rasulullah, yang berpesan, “Tidaklah seorang utusan Allah (Nabi/Rasul) dikuburkan melainkan di tempat meninggalnya.”

Lalu di sebelah barat berbatasan dengan mimbar Rasulullah SAW. Sedangkan sebelah selatan merupakan kiblat yang posisinya sejajar dengan mihrab Rasulullah SAW. Dan terakhir yaitu di sebelah utara dibatasi dengan garis sejajar dengan rumah ibunda Aisyah RA.

afiq-fatah-qp0hPaafKD0-unsplash.jpg

Photo by afiq fatah on Unsplash

Dengan begitu, ukuran dari Raudhah ini yakni sekitar 22 x 15 meter sehingga total dari keseluruhan kurang lebih 330 meter persegi. Area ini ditandai dengan karpet berwarna hijau pada lantainya, sehingga tampak mencolok dan beda dengan sekelilingnya yaitu area dalam Masjid Nabawi yang karpetnya warnanya merah.

Anda bisa meluangkan waktu sebentar untuk singgah di Raudhah saat berada di Masjid Nabawi. Mengapa? Sebab tempat ini punya banyak keistimewaan dibandingkan tempat-tempat lainnya utamanya untuk beribadah.

Tempat Mustajab untuk Berdoa

Raudhah ini merupakan salah satu tempat yang paling mustajab untuk memanjatkan doa, tak heran jika banyak jamaah yang berlomba masuk untuk bisa shalat dan berdoa di Raudhah. Anda dapat melakukan banyak jenis ibadah ketika di Raudhah seperti shalat, berdoa, memperbanyak dzikir juga i’tikaf. Jika Anda berkesempatan untuk berdoa di Raudhah, pilihlah doa-doa terbaik yang ingin Anda panjatkan kepada Allah SWT.

Anda juga dapat menyiapkan doa-doa tersebut dari tanah air, sebelum berangkat ke tanah suci. Selain doa untuk diri sendiri, Anda dapat berdoa untuk orang tersayang, hingga umat muslim di seluruh dunia. Atau mungkin Anda memperoleh titipan doa dari saudara, teman dan lainnya. Anda bisa mengucapkan doa-doa tersebut di Raudhah.

Mengapa harus dipersiapkan sebelumnya? Agar ketika berdoa di Raudhah waktu Anda lebih efektif, fokus, serta lebih khusyuk. Anda tidak bisa berlama-lama di Raudhah, apalagi ketika situasi musim haji atau umroh. Anda harus bertoleransi dengan jamaah lain yang juga ingin masuk ke Raudhah. Jadi, harus berganti-ganti untuk menempati tempat di Raudhah.  

Bagi jamaah laki-laki, bebas memilih waktu untuk berdoa di Raudhah karena posisinya memang untuk shaf jamaah muslim. Akan tetapi bagi jamaah perempuan, ada jadwal khusus untuk bisa berdoa di Raudhah. Yaitu pada waktu dhuha, dzuhur dan isya.

Tentang Raudhah adalah taman surga, Ibnu Hajar RA mempunyai pendapat ada 3 poin yang bisa disimpulkan. Pertama, tempatnya serupa dengan taman surga. Apabila orang berdoa di Raudhah, akan merasakan kedamaian seperti di surga. Kedua, untuk yang beribadah di Raudhah dapat menjadi penyebab masuk surga.

Ketiga, tempat tersebut (Raudhah) kelak diangkat atau dipindahkan kembali ke surga. Maka, beruntung lah untuk Anda yang berkesemppatan untuk bisa mengunjungi Raudhah saat di dunia, dan semoga nantinya kita dapat melihat kembali Raudhah ketika di surga. 

Nah, itulah tadi sekilas gambaran tentang tempat yang dinamakan Raudhah yang letaknya di salah satu masjid yang dimuliakan oleh umat Islam yaitu Masjid Nabawi. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan usia yang berkah, sehingga dapat melaksanakan ibadah di Baitullah dan bisa berdoa di Raudhah.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id