5 Hal yang Harus Disiapkan Agar Cepat Berangkat Umrah

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 12 April 2023, 11:00:58

Bagi umat muslim, menunaikan umrah merupakan harapan yang selalu ada dalam hati. Mengingat sekarang ini untuk melakukan ibadah haji membutuhkan biaya yang tidak murah dan waktu tunggu yang tidak sebentar, ibadah umrah menjadi alternatif untuk mereka yang sudah rindu ingin ke tanah suci.

Namun, cita-cita saja tidak akan jadi kenyataan apabila Anda tidak memulai menyiapkan diri untuk pergi beribadah umrah. Utamanya terkait keuangan. Jika tidak ada target yang jelas kapan Anda akan melaksanakan ibadah umroh, Anda tidak akan pernah menyiapkan tabungan khusus untuk ibadah umrah. Lalu, bagaimana cara cepat berangkat umroh bila impian Anda sudah tidak tertahan? Tenang, kami akan membocorkan tipsnya buat Anda. Berikut tipsnya!

piggy-bank-968302_1280.jpg

Image by Steve Buissinne from Pixabay 

1) Berniat yang Kuat

Jika Anda ingin cepat menunaikan umrah, pasanglah niat kuat supaya Anda bisa segera berangkat ke tanah suci. Banyak orang muslim yang secara finansial mampu melakukan umrah, akan tetapi mereka tidak memiliki niat untuk ibadah, lho!

Entah karena dari sisi spiritualnya kurang mendapat input tentang urgensi ibadah umrah, atau memang mereka menjatuhkan pilihan untuk memprioritaskan hal-hal yang bersifat duniawi misalnya membeli rumah impian, mobil, baju, perabotan, menekuni hobi, plesir dan sebagainya.

Maka, Anda termasuk kategori orang yang beruntung saat Anda punya niatan untuk beribadah umrah. Bahkan, Anda sedang tidak memiliki uang berlebih untuk ibadah umrah, tapi karena niat yang kuat, bukan tidak mungkin Anda bisa berangkat umrah duluan dibandingkan dengan mereka yang punya banyak uang|memiliki kelebihan harta|kaya) tapi tidak berniat umrah. Oleh karena itu, niat yang kuat adalah modal untuk Anda bisa untuk merealisasikan keinginan Anda berangkat umroh dengan cepat. Yakinlah sepenuh hati bahwa Anda LAYAK untuk umrah, atas seizin Allah.

2)  Cari Informasi Semua Tentang Ibadah Umrah

Tips kedua yang dapat Anda tempuh untuk bisa cepat berangkat umroh adalah dengan mencari tahu tentang apa itu umrah. Mulai dari rukun, apa saja doanya, persiapannya, manasiknya, dan semua hal terkait dengan umrah. Kemudian, yang tidak kalah pentingnya adalah Anda harus mencari tahu tentang jasa travel umrah yang amanah untuk mengurus keberangkatan Anda ke tanah suci. Anda dapat mencarinya sendiri via online, membandingkannya dengan beberapa biro travel umrah lain, atau bisa juga minta pertimbangan keluarga dan relasi yang sudah pernah melaksanakan umrah.

tablet-1075790_1280.jpg

Image by Niek Verlaan from Pixabay

Anda juga dapat mencari informasi seputar umrah dengan cara bertukar pendapat dengan relasi, keluarga atau berkonsultasi dengan para ustad yang Anda percaya. Semakin Anda menggali informasi tentang umrah, maka Anda telah memancarkan getaran yang kuat ke alam semesta bahwa Anda siap diundang ke tanah suci dari Allah SWT. Ini juga usaha agar dapat segera sampai tujuan lho!

3) Siapkan Dana Tabungan Umrah

Untuk Anda yang belum memiliki dana khusus untuk berangkat umrah, tenang saja. Anda bisa memulai menganggarkan untuk dana umrah sekarang juga. Yang harus Anda lakukan adalah membuka tabungan umrah dan berusaha untuk teratur menabung. Targetkan kapan keberangkatan umrah Anda. Anda harus memasang target kapan waktu Anda akan berangkat umrah, supaya ada semangat untuk merealisasikan target tersebut.

Misalnya, Anda berkeinginan untuk berangkat umrah 3 tahun lagi. Biaya umrah dan lain-lainnya lebih kurang 30-35 juta rupiah. Maka, dengan gaji misalnya 3 juta tiap bulan, Anda harus bisa mengalokasikan sekitar 1 juta per bulan untuk bisa berangkat ibadah umrah. Dalam waktu 3 tahun (36 bulan) Anda akan memiliki tabungan sebesar 36 juta rupiah. Realistis, bukan? Anda dapat menyesuaikan dengan kondisi keuangan Anda masing-masing. Jika ingin lebih cepat lagi, Anda dapat memanfaatkan dana talangan untuk ibadah umrah dari bank atau lembaga keuangan sejenis.

4) Minta Doa Restu Orang Tua

Ini adalah ikhtiar langit yang dapat Anda terapkan sebagai cara cepat berangkat umrah. Sudah sering yang membuktikan metode ini, dengan ridho dari ibu dan bapak atau mertua, keinginan untuk berangkat ibadah umrah akan lebih mudah terwujud. Tentu Anda ingat, kalau ridho Allah terletak pada ridho kedua orangtua?

Beritahukan keseriusan kalau Anda ingin beribadah umrah, bahagiakan orangtua Anda, buat hati keduanya senang dan mereka pun akan dengan senang hati memanjatkan doa untuk Anda supaya bisa melaksanakan ibadah umrah.

5) Memilih Paket Umrah Hemat yang Berkualitas

Cara melaksanakan umrah hemat saat ini banyak caranya. Ada yang memilih jalan umrah backpacker, ada juga yang memilih mengikuti paket umrah di masa off peak season supaya mendapat diskon yang lumayan. Selain itu, memesan paket umrah secara kolektif juga bisa dijajal untuk memperoleh potongan harga dari biro umrah, sehingga ibadah umrah Anda jadi lebih hemat biaya tanpa mengurangi kualitas layanannya.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id