Umrah, Ngapain Aja? Yuk Pelajari 7 Aktivitas Selama Umrah!

Kategori : News Article, Ditulis pada : 12 Desember 2022, 17:30:31

Mungkin kebanyakan orang yang menyangka bahwa ibadah membutuhkan waktu yang panjang. Karena, biasanya, sebuah perjalanan umrah berdurasi 9 hingga 12 hari. Ternyata, untuk melaksankan rukun umrah hanya perlu waktu sekitar 3-12 jam saja! Wah, kalau seperti itu, ngapain aja ya kegiatan saat umrah?

Sebenarnya, banyak kok aktivitas yang bisa Anda jalani untuk menghabiskan waktu umrah Anda. Selain menunaikan rukun wajib umrah, Anda juga dapat melakukan aktivitas lain yang tentunya diutamakan didominasi dengan aktivitas ibadah.

smartphone-570507_1280.jpg

Image by bohed from Pixabay

Sayang sekali, apabila Anda melewatkan waktu-waktu di tanah haram, dengan menjalani hal-hal yang tidak mendapat pahala. Walaupun di jadwal itinenary dari biro umrah sudah pasti jadwal agenda yang akan kita jalani, namun tidak ada salahnya Anda mengelist sendiri jadwal kegiatan agar Anda bisa maksimal beribadah di tanah suci. Setidaknya, ada 7 kegiatan yang bisa Anda lakukan selama umrah.

1) Melakukan Rukun Umrah

Pokok dari perjalanan ibadah umrah adalah menunaikan rukun umrah : ihram, tawwaf, sa'i, tahallul dan tertib. Seperti yang sudah kami bahas di atas, durasi untuk melaksanakan ibadah umrah adalah 3-12 jam. Jadi, Anda bisa menjalankan umrah berkali-kali saat berada di tanah suci.

Waktu yang Anda gunakan dalam perjalanan pergi dan pulang ibadah umrah sudah cukup menghabiskan keseluruhan waktu umrah Anda. Seperti waktu untuk naik pesawat saja tak kurang dari 9 jam, belum lagi perjalanan dari dan ke tempat penginapan, perjalanan dari madinah ke makkah kurang lebih 14 jam PP, dll. Jadi, manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk menjalani rukun umrah.

2) Shalat Fardhu Berjamaah di Masjidil Haram serta Masjid Nabawi

Kegiatan lain yang utama adalah ibadah sholat 5 waktu. Tentunya, shalat 5 waktu di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram tak boleh untuk dilewatkan. Karena, pahala shalat di kedua masjid tersebut sangat berlimpah.

Beribadah Shalat di Masjidil Haram nilainya 100.000 kali lipat pahalanya jika dibandingkan shalat di masjid lain. Sedangkan beribadah shalat di Masjid Nabawi nilainya 1000 kali lipat bila dibandingkan shalat di masjid lain kecuali Masjidil Haram.Tentunya, menunaikan shalat lima waktu di Masjidil Haram ini sangat penting, masa iya kita beribadah sunnah namun malah mengesampingkan ibadah fardhunya?

3) Melaksanakan Ibadah Sunnah di Masjidil Haram

Selain shalat wajib di Masjidil Haram, Anda juga dapat beribadah sunnah di Masjidil Haram antara lain shalat dhuha, shalat rawatib, shalat tahajjud, dan shalat sunnah lainnya. Anda juga bisa melaksanakan ibadah lainnya seperti berdiam diri di masjid, membaca shalawat, bersedekah, berpuasa sunnah, dan sebagainya. Tingkatkan ibadah sunnah Anda ketika di tanah suci, agar Anda dapat meraup keuntungan pahala sunnah saat berumrah.

4) Ibadah Sunnah di Masjid Nabawi

cami-3724921_1280.jpg

Image by Konevi from Pixabay 

Hampir sama dengan beribadah sunnah di Masjidil Haram, Anda tak boleh melewatkan kesempatan beribadah di Masjid Nabawi. Terutama di Raudatul Jannah atau Raudhah, Anda dianjurkan beri'tikaf, melaksanakan shalat sunnah, bersalawat, berdzikir dan berdoa di Masjid Nabawi dan di Raudhah, agar kesempatan meraih pahala terbaik bisa Anda dapatkan.

5) Shalat Sunnah di Masjid Quba

Ada satu amalan yang jangan sampai dilewatkan begitu saja saat umrah, yaitu shalat sunnah di masjid Quba. Menurut dari Hadits Rasullullah SAW yang mana diriwayatkan oleh Abu bin Sahl bin Hunaif RA, ia pernah mendengar bahwasannya Rasulullah SAW bersabda: ” Barang siapa yang bersuci di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba, dan ia salat di dalamnya, maka baginya akan mendapat pahala seperti pahala Umrah” . (HR. Tirmizi no. 298, Ibnu Majah no. 1401)

Masjid Quba ini terletak di Madinah. Biasanya, ada jadwal untuk singgah di masjid ini saat pagi hari, jadi Anda dapat shalat dhuha di Masjid Quba agar meraih keutamaannya.

6) Membaca Al Quran dan Berdzikir

Upayakan Anda selalu tetap terjaga dari wudhu dan membawa mushaf Al Qur'an agar Anda bisa membaca Al Quran kapanpun. Apalagi saat menanti waktu-waktu ibadah shalat, sayang sekali apabila Anda menghabiskannya dengan kegiatan yang kurang berpahala.

Selalu basahi lisan Anda untuk membaca ayat-ayat suci Al Qur'an dan banyak dzikir, sehingga Anda menjadi lebih tenteram dan khusyu dalam melaksanakan ibadah. Melupakan sejenak aktivitas duniawi yang Anda kerjakan di luar ketika umrah.

7) Berdoa di Tempat-tempat Mustajab

Nah, inilah kegiatan paling ditunggu yang biasanya selalu direncanakan oleh jamaah umrah. Ya, memanjatkan doa di tanah suci merupakan kesempatan yang tak ternilai harganya, karena Anda sedang bertamu di Rumah Allah. Jadi, berdoalah sebaik-baiknya, semaksimal mungkin sesuai dengan cita-cita kita. Biasanya, kita juga ada titipan doa dari kerabat, teman, dan rekan kita. 

Jadi, berdoalah, daripada menyibukkan diri berfoto selfie, belanja, wisata kuliner, sebaiknya Anda dijadwalkan khusus untuk memanjatkan doa dan siapkan catatan doa dari rumah supaya tidak ada yang terlupa.

Itulah kegiatan yang bisa memperbanyak bobot pahala umrah kita. Umrah merupakan ibadah yang memerlukan pengorbanan yang tidak sedikit baik dari segi biaya maupun dari sisi fisik. Oleh karena itu, kita jangan sampai lengah, dengan mengisi aktivitas di waktu umrah kita semaksimal mungkin. Jangan terlena dengan godaan berbelanja dan berburu kuliner timur tengah saja, ya!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id