Biaya Umroh 2023 Berpotensi Naik

Kategori : News Article, Ditulis pada : 11 April 2023, 14:26:28

Uhudtour.com - Biaya umroh 2023 berpotensi naik akibat tingginya permintaan dan terus meningkatnya jumlah jemaah yang beribadah ke Tanah Suci. Musim puncak umroh ini mengakibatkan lonjakan biaya tiket pesawat dan sewa hotel di Makkah meroket hingga 300% karena full booked. Karena itu, jika kamu punya niat kuat untuk menunaikan umroh di 2023, sebaiknya menyiapkan dananya jauh-jauh hari. Dilamsir CNN Indonesia (2/1/2023), semua hotel di Makkah dan Madinah, dinyatakan full booked. Bahkan penyelenggara perjalanan ibadah umroh kesulitan mendapatkan kamar hotel. Sulitnya mendapatkan hotel telah berlangsung sejak November 2022 dan diperkirakan durasi high season akan terus berlanjut hingga Januari 2023. 

Pada saat ini hotel-hotel di Arab Saudi juga tengah membuat kebijakan terkait reservasi grup tidak sebanyak sebelumnya, hanya disediakan sekitar 50% sampai 60% untuk kuota grup. Dengan kondisi ini, Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) memberikan sejumlah saran kepada pelaku usaha perjalanan ibadah umroh sekaligus calon jemaah umroh. Yakni :

Pertama, menyampaikan kondisi yang terjadi dengan bermusyawarah untuk mufakat dengan calon jemaah umroh sehingga bisa memahami kondisi yang terjadi. 

Kedua, jika memang harus melakukan penambahan biaya, maka penambahan biaya tersebut harus sesuai dengan keadaan sesungguhnya. 

Ketiga, jika memang harus melakukan perubahan hotel baik setaraf maupun di bawahnya (downgrade) pelayanan dikarenakan hotel yang dipilih telah full booked, sebaiknya disosialisasikan kepada jemaah terlebih dulu. 

Keempat, jika memang harus melakukan perubahan program/jadwal keberangkatan yang semestinya ke Makkah, namun bisa terlebih dulu ke Madinah atau sebaliknya. Bisa juga sebelum ke Madinah ke Thaif dulu namun semua itu harus disosialisasikan kepada jamaah, sehingga jemaah tetap merasa aman, nyaman dan menyenangkan. 

Kelima, terus melakukan edukasi dan sosialisasi kepada jemaah/masyarakat terkait perubahan situasi yang terjadi di Saudi. 

Keenam, jika ada perubahan program dan harga, penyelenggara bisa menawarkan program tersebut dengan komitmen baru yang disetujui jemaah. 

Kerinduan umat Islam dari seluruh dunia termasuk asal Indonesia, terhadap Tanah Suci begitu tinggi terlebih pasca-pandemi yang melanda hampir 2 tahun. Apakah Kamu salah satu yang berniat umroh di tahun ini?

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id