Rahasia Dan Manfaat Air Zam-zam yang Jarang Diketahui

Kategori : News Article, Ditulis pada : 09 Desember 2022, 17:51:52

Jika berkunjung ke tanah suci, kurang lengkap rasanya jika tidak membawa air Zam-zam sebagai oleh-oleh saat kembali ke Indonesia. Ya, hal ini disebabkan air Zam-zam cuma dapat Anda jumpai di Makkah, tepatnya dari sumbernya yaitu sumur Zam-zam yang berlokasi di area Masjidil Haram. Zam-zam dikenal sebagai air suci bagi kaum muslimin karena terdapat banyak keistimewaan.

Untuk Anda yang penasaran, apa sih keistimewaan air Zam-zam dibanding dengan air dari sumber lainnya? Berikut ini akan kita bahas secara lengkap apa itu air Zam-zam dari proses terbentuk hingga keistimewaan dan khasiat dari air yang oleh Rasulullah disebut bisa menjadi penyembuh segala macam penyakit ini. Yuk simak sampai akhir!

Asal Mula Air Zam-zam

Asal mula munculnya air Zam-zam pertama kali yaitu ketika peristiwa Siti Hajar mencarikan air untuk Ismail kecil yang sedang kehausan. Siti Hajar berikhtiar mencari sumber mata air dari bukit Shafa hingga ke bukit Marwah, tetapi tak kunjung menemukannya. Ia hanya melihat fatamorgana, seperti genangan air dari kejauhan tapi tak ia temukan saat ia mendekatinya. Siti Hajar sampai bolak-balik sebanyak tujuh kali, kemudian peristiwa ini diabadikan menjadi salah satu rukun dalam ibadah haji serta umrah yang dinamakan rukun Sa’i.

34.jpg

Photo by Amadej Tauses on Unsplash

Setelah tujuh kali bolak-balik, tiba-tiba muncul sumber air dari tempat yang tidak disangka-sangka yaitu di bawah kaki Ismail yang dia hentak-hentakkan. Siti Hajar merasa sangat bersyukur kepada Allah karena telah memberikan kasih sayang kepada mereka dalam wujud sumber air tersebut.

Nama air Zam-zam diambil dari bahasa Arab yang berarti banyak, melimpah ruah. Ada juga yang berpendapat bahwa nama ini|Zam-zam) diambil dari ucapan Siti Hajar saat air Zam-zam mulai memancar dari kaki bayi Ismail, jika terus memancar tak bisa dibendung maka seluruh kota Makkah bisa tenggelam karenanya.

Kemudian, Siti Hajar berkata, “Zamzam, Zamzam” yang berarti ‘kumpullah, kumpullah’ sehingga air Zam-zam terpancar secukupnya saja sesuai yang dibutuhkan. Bahkan mata air tersebut tidak pernah kering dari 4000 tahun yang lalu sampai hari ini, dapat memenuhi kebutuhan penduduk Makkah serta para jamaah haji dan umrah yang sedang melaksanakan ibadah di tanah suci.

Anda dapat menjumpai sumur air Zam-zam ini tepatnya di timur Ka’bah atau sekitar 21 meter dekat halaman Masjidil Haram. Sumur ini disinyalir tidak pernah kering kecuali dalam keadaan tertentu, sebab resevoir tetap terhubung dengan air tanah yang terbarukan. Sumber air sumur Zam-zam berasal dari endapan air hujan di kota Makkah yang terbentuk selama jutaan tahun. Terdapat endapan sungai sedalam 14 meter dikarenakan oleh air hujan dari pegunungan yang mengalir ke dataran rendah.

Sumur zam-zam digali dengan tangan sedalam kurang lebih 30,5 meter. Untuk mengangkat airnya, terdapat pompa listrik  yang memompa air dari dalam sumur. tak sembarang orang boleh masuk area sumur air Zam-zam ini, jamaah hanya boleh mengambil air dari kran-kran yang tersedia di luar ruangan. Ohya, air Zam-zam ini bisa langsung diminum tanpa dimasak terlebih dahulu lho! Jadi dapat langsung diminum dari kran-kran yang disediakan. 

Kelebihan dan Khasiat Air Zam-zam

Seperti yang dijelaskan di atas, air Zam-zam adalah air yang suci bagi kaum muslimin. Menurut kisahnya, air ini merupakan air yang dipakai minum oleh Nabi Ismail. Dalam salah satu riwayat menyebutkan bahwa air Zam-zam digunakan untuk mencuci hati Nabi Muhammad SAW yang dilakukan oleh malaikat Jibril.

Dalam tafsir Syaikh Asy-Syaukani Rahimahullah tentang hadits Rasulullah tentang air Zam-zam yaitu “Air Zam-zam tergantung dari tujuan seorang) yang meminumnya”, maka hal tersebut|ini) menjadi dalil bahwa air Zam-zam dapat memberikan manfaat sesuai dengan niat masing-masing yang meminumnya. Baik manfaat secara lahiriah atapun ukhrawi.

35.jpg

Photo by Manki Kim on Unsplash

Air Zam-zam bisa menjadi penawar dari berbagai macam penyakit. Hal ini tak hanya asumsi belaka, tetapi telah diteliti oleh para ilmuwan yang menyebutkan bahwa air Zam-zam memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan badan manusia.

Sebutan Lain Air Zam-zam

Nah, dari banyaknya manfaat air Zam-zam terdapat beberapa sebutan nama lain dari air Zam-zam. Contohnya Syaba’ah atau Tha’amu Tha’min yang artinya mengenyangkan, yaitu siapa saja yang minum air Zam-zam akan merasa kenyang. Syifa’ Saqamin yang berarti menyembuhkan penyakit serta ‘Afiyah yang berarti sehat. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah dalam salah satu haditsnya yang mengatakan bahwa air Zam-zam bisa menyembuhkan penyakit atas izin Allah. Untuk yang ingin berusaha sembuh dari penyakit bisa mencoba lewat perantara air Zam-zam sebagai obatnya.

Selanjutnya yaitu Nafi’ah yang berarti bermanfaat, karena banyaknya manfaat dari air Zam-zam ini tak hanya untuk fisik tapi juga ruhani seperti menguatkan hati dan menghilangkan ketakutan. Barrah yang artinya kebaikan dan Madhmumah yang bermakna bagus. Air Zam-zam ini hadir di tengah-tengah bangsa Arab agar penduduk juga orang-orang yang mengunjunginya senantiasa melakukan kebaikan. Allah juga melarang mereka untuk melakukan kemaksiatan.

Ada pula yang menyebutnya sebagai Murwiyah (penyegar) dan Mu’zhibah (pelepas dahaga) karena air Zam-zam bisa melepas dahaga yang menyegarkan seluruh anggota tubuh. Sehingga ia disebut juga Kafiyah yang berarti mencukupi, membuat orang yang meminumnya akan terasa cukup dan puas setelahnya.

Air Zam-zam juga penuh berkah seperti namanya Maimunah. Terbukti dari zaman nabi Ibrahim air zamzam telah mencukupi kehidupan Ismail dan Siti Hajar, juga kaum setelahnya. Dari sanalah tercipta suatu peradaban Islam yang agung, yang di pimpin oleh Rasulullah. Itulah beberapa nama lain dari air Zam-zam yang ternyata membawa banyak manfaat dan keberkahan.

36.jpg

Photo by Manki Kim on Unsplash

Pada dasarnya, air Zam-zam dapat Anda dapatkan dengan gratis dengan mengambil langsung dari kran yang telah tersedia, tetapi Anda tidak bisa mengikut sertakan air Zam-zam ke dalam koper Anda di dalam bagasi pesawat karena bisa berbahaya. Tapi, jangan khawatir. Biasanya, para jamaah yang pulang dari haji atau umrah akan diberikan fasilitas air Zam-zam dalam kemasan galon sejumlah 5 liter dari pihak penyelenggara haji dan umrah..

Itulah tadi uraian tentang keistimewaan dan manfaat dari air Zam-zam yang jarang diketahui. Sebagai muslim, tentunya Anda ingin mencicipi bagaimana rasanya minum air Zam-zam secara langsung di Baitullah. Semoga dimudahkan dalam menjalankan ibadah haji dan umrah bagi kita semua)).

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id