Pentingnya Memahami Tentang Manasik Ibadah Umrah

Kategori : News Article, Ditulis pada : 09 Desember 2022, 17:30:31

Berkesempatan untuk mengunjungi Baitullah untuk beribadah umrah pasti menjadi hal yang sangat di impikan oleh setiap muslim dari seluruh dunia. Butuh persiapan yang matang agar perjalanan ibadah umrah dapat berjalan dengan lancar. Salah satu yang harus disiapkan adalah dengan menjalani manasik umrah.

Manasik umrah bukanlah termasuk dari rukun atau wajib umrah, akan tetapi kegiatan ini cukup penting untuk dilakukan agar Anda sebagai calon jamaah umrah dapat menunaikan ibadah umrah dengan tata cara yang tepat. Lalu, apa sih sebenarnya manasik umrah itu? Berikut hal-hal yang wajib Anda pahami tentang manasik ibadah umrah.

Apa itu Manasik Ibadah?

Manasik umrah yaitu peragaan pelaksanaan ibadah umrah yang benar dimulai dari rukun hingga tata caranya secara menyeluruh. Manasik ini biasanya digelar oleh pihak travel umrah tempat Anda mendaftarkan diri menjadi jamaah umrah.

tentunya, akan ada pembina khusus dalam kegiatan manasik umrah ini. Anda akan diberikan arahan mulai dari bagaimana aktivitas rukun umrah, tata cara umrah yang benar, juga praktek langsung bagaimana ibadah umrah yang baik dan benar. tidak hanya sekedar teori namun juga prakteknya, sehingga Anda jauh lebih mudah untuk mengerti bagaimana pelaksanaan umrah tersebut.

Agar bisa lebih merasakan suasana ketika di Baitullah, sewaktu manasik umrah juga menggunakan properti yang menyerupai contohnya miniatur Ka’bah. Lalu peserta manasik umrah juga akan memakai pakaian ihram layaknya sedang melaksanakan ibadah umrah yang sebenarnya.

Selain menjelaskan rukun dan tata cara umrah, pembimbing juiga akan memberikan arahan seperti sosialisasi tentang peraturan-peraturan pemerintah Arab Saudi yang berlaku, agar para jamaah tidak melanggar hal-hal yang tidak diperbolehkan.

Nah, untuk tata caranya sendiri kurang lebih mencakup pelaksanaan rukun dan wajib umrah. Berikut penjelasannya:

Urutan Pelaksanaan Manasik Umrah

Ada beberapa tahapan pelaksanaan manasik umrah. Manasik ini bisa juga disebut sebagai latihan, sebab Anda akan memperagakan langsung apa yang akan Anda jalankan ketika umrah. Jadi, tata caranya kurang lebih sama dengan rukun serta wajib umrah.

Niat Ihram di Miqat dengan Memakai Pakaian Ihram

Hal pertama yang dilakukan ketika manasik adalah melaksanakan rukun umrah pertama yaitu ihram. Sebelumnya, lakukan beberapa sunnah ihram antara lain memotong kuku, memangkas rambut (tidak boleh sampai gundul untuk laki-laki), mencukur kumis, jenggot serta bulu lainnya di tubuh. Dilanjutkan mandi, menyela-nyela jari tangan serta kaki, di akhiri dengan berwudhu.

Dilanjutkan dengan mengenakan pakaian ihram. Pakaian ihram untuk laki-laki desainnya khusus, yaitu pakaian berwarna putih terdiri dari dua bagian yaitu kain bagian atas yang disebut Rida dan kain bagian bawah yang disebut Izzar. Sedangkan untuk wanita, pakaian ihram sama dengan pakaian muslimah waktu shalat. Harus menutup aurat, kecuali muka dan telapak tangan, menjulur sampai ke dada serta mengenakan kaos kaki agar bagian bawah tertutup.

Tahapan selanjutnya yaitu shalat sunnah ihram, yang bisa dikerjakan ketika mendirikan shalat wajib maupun shalat sunnah lainnya. Jadi, bukan dikhususkan shalat sunnah untuk ihram. Dan terakhir melaksanakan niat di tempat miqat yakni Bir Ali.

Selama berihram di tanah suci, usahakan untuk memperbanyak dzikir dan membaca talbiyah yang berbunyi, “Labaikkallahumma labbaik”. Bisa juga dengan bacaan talbiyah versi yang lebih lengkap. Perbanyak dzikir serta hindari segala larangan saat berihram.

Thawaf Mengelilingi Ka’bah

Selanjutnya adalah berlatih mempraktekkan salah satu kegiatan rukun umrah yaitu thawaf. Thawaf yaitu berjalan mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali putaran. Diawali dari Hajar Aswad dan diakhiri di Hajar Aswad pula, disunnahkan untuk memperbanyak membaca takbir saat thawaf.

Selesai thawaf, disunnahkan pula untuk melaksanakan shalat sunnah di belakang Maqam Ibrahim. Anda dapat memperbanyak doa di tempat ini, sebab Maqam Ibrahim merupakan salah satu tempat yang mustajab untuk memanjatkan doa.

Melaksanakan Sa’i

Sebelum melakukan rukun sa’i, disunnahkan minum air zam-zam sambil berdoa. Proses manasik selanjutnya yaitu mempraktekkan rukun umrah ketiga yaitu sa’i. Sai dikerjakan dengan cara berjalan cepat di antara bukit Shafa dan Marwah.

Anda membutuhkan kekuatan fisik yang prima agar dapat melaksanakan rukun ini, sehingga dengan melakukan manasik umrah Anda bisa mencoba agar nantinya lebih siap ketika pelaksanaan umrah yang sebenarnya.

Tahallul, Memotong Sebagian Rambut atau Mencukur Seluruhnya

Nah, hal terakhir yang dipraktekkan ketika manasik haji adalah mempraktekkan rukun tahallul yaitu memangkas sebagian rambut atau keseluruhan (bagi laki-laki). Tahallul ini dapat dilakukan oleh siapa saja, asal sudah melaksanakan rukun umrah juga. Yang penting tak berlawanan jenis. Khusus jamaah perempuan, lebih utama tahallul dilakukan oleh mahramnya, atau sesama jamaah perempuan yang sudah melakukan rukun umrah pula.

Itulah beberapa tahapan manasik umrah, terutama bab rukun umrah yang cukup penting untuk dilakukan secara tepat, karena sifatnya wajib.

Hikmah Manasik Umrah

Untuk yang menjalankan manasik umrah, Anda akan mendapatkan banyak manfaat dibandingkan dengan yang tidak melaksanakannya. Hikmah manasik umrah antara lain:

- Mengetahui tata cara ibadah umrah yang benar, supaya tidak terjadi kekeliruan ketika melaksanakan rukun maupun wajib umrah.

- Mengetahui gambaran situasi dan kondisi saat berada di tanah suci, dan paham apa yang harus dilakukan selama melaksanakan ibadah umrah

-Lebih mengenal pembimbing jamaah dan teman satu rombongan yang berangkat bersama dari tanah air.

-Memahami prosedur ketika di bandara dan itinerary.

-Memantapkan hati dan siap untuk menjalankan ibadah umrah.

Itulah pentingnya memahami tentang manasik ibadah umrah. Anda harus menyiapkan diri secara mental dan fisik sebelum berangkat menunaikan ibadah umrah ke baitullah. Jangan lewatkan manasik umrah ini sebab sangat penting untuk Anda ikuti. Selamat mengikuti manasik ibadah umrah!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id