We Value Comfort Over Everything

Keutamaan Kota Makkah

Kategori : News Article, Ditulis pada : 09 Desember 2022, 09:37:45

Jika Anda saat ini sedang menggali informasi tentang ibadah umrah maupun haji, tentu tidak afdol tanpa mencari tahu juga tentang tempat pelaksanaan umrah dan haji. Terutama bagi Anda yang ingin meningkatkan keimanan dan semangat ibadah umrah, Anda dapat mulai dari menggali tentang keutamaan dan keistimewaan kota Makkah Al Mukarramah.

Sebagaimana yang telah Anda ketahui, seluruh rangkaian ibadah umrah maupun haji dilaksanakan di kota Makkah. Anda melakukan rukun thawaf di ka’bah di Masjidil Haram yang letaknya di kota ini, sehingga kota Makkah sangatlah penting serta menjadi tujuan utama bagi kaum muslimin yang bepergian, yakni untuk melakukan ibadah haji dan umrah.

ekrem-osmanoglu-TbTeMOmgQJo-unsplash.jpg

Photo by ekrem osmanoglu on Unsplash

Kota Makkah punya banyak keistimewaan salah satunya adalah mata air Zam-zam yang sumbernya tak pernah kering. Meskipun sudah dikonsumsi selama berabad-abad, memenuhi kebutuhan minum dan berwudhu jamaah haji dan umrah dari seluruh penjuru dunia, namun air zam-zam tidak pernah habis. Luar biasa, bukan…? Saat umrah, Anda juga dapat membawa air zam-zam untuk dibawa pulang, walaupun ketika pandemi ini ada larangan membawa air zam-zam saat kembali ke tanah air.

Keistimewaan lain dari kota suci Makkah adalah kota ini menjanjikan ketentraman bagi penduduknya. Makkah adalah kota yang diberkahi Allah SWT, memberi rasa aman bagi para penduduknya. Bahkan tak hanya manusia saja, namun hewan serta tumbuhan juga merasakan hal yang sama. Seperti yang dijelaskan dalam surat Ali Imran ayat 97 :

“Barangsiapa memasukinya (Baitullah) menjadi amanlah dia.”

Pada saat akhir Zaman, ada empat negeri yang aman ditempati, salah satunya adalah Makkah. Dajjal tidak dapat memasuki kota Makkah, sehingga bagi yang berkesempatan untuk tinggal di kota Makkah maka ia akan selamat dari fitnah Dajjal. Malaikat akan melindungi penduduk Makkah dari fitnah Dajjal.

Adapun keistimewaan dari kota Makkah lainnya adalah Makkah disebut dengan Tanah Haram. Artinya, di kota Makkah kita tak boleh memburu hewan, merusak tanaman, dan berbuat maksiat di kota tersebut. Sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat Bukhari no. 1510 :

“…tidak boleh mematahkan rantingnya, tidak boleh memburu hewan liarnya, tidak halal mengambil barang yang hilang, kecuali bagi orang yang hendak mengumumkannya…”

ramon-bucard-37p0-rpI5RQ-unsplash.jpg

Photo by Ramon Buçard on Unsplash

Anda juga dapat melihat keutamaan kota Makkah karena Masjid Al Haram terletak di sana. Siapa yang shalat di Masjidil Haram, maka pahalanya sama dengan seratus ribu kali lipat daripada shalat di tempat lainnya di bumi ini. Tak heran, Anda yang rindu untuk umrah selalu mengupayakan yang terbaik untuk dapat sampai ke tanah suci.

Itulah beberapa keutamaan dan keistimewaan kota suci Makkah Al Mukarramah. Semoga bisa menjadi penyemangat bagi Anda calon jamaah umrah untuk bisa pergi ke kota Makkah untuk menunaikan umrah. Bagi yang sudah pernah berhaji dan umrah, semoga dapat berkesempatan untuk hadir kembali ke Makkah agar kita bisa meraih pahala di sisi Allah SWT.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id