Tips Praktis yang Memudahkan Anda Selama Menunaikan Ibadah Umrah di Tanah Suci

Kategori : News Article, Ditulis pada : 09 Desember 2022, 17:49:50

Melakukan ibadah umrah, tentu menjadi hal yang ditunggu-tunggu bagi setiap umat mukmin. Bayangan untuk bisa beribadah dengan khusyu’ di Masjidil Haram, menyaksikan langsung bangunan ka’bah, mengunjungi tempat-tempat yang mustajab, ziarah ke makam Rasulullah SAW, dan seterusnya sudah ada di fikiran. Akan tetapi, ada banyak hal teknis yang harus Anda pahami agar ibadah umrah Anda tidak disibukkan dengan membereskan hal-hal kecil yang membuat Anda ribet waktu di tanah suci.

said-alamri-XETXw59dsVo-unsplash.jpg

Photo by said alamri on Unsplash

Berikut ini ada 5 tips yang bisa Anda praktekkan ketika di Baitullah, agar memudahkan Anda ketika menunaikan ibadah umrah. Simak baik-baik dari awal hingga akhir yuk!

Menggunakan Kamar Mandi

Untuk Anda yang tengah menjalankan ibadah umrah, memelihara wudhu sangat disarankan karena tidak setiap saat Anda dapat berwudhu. Pastinya Anda tak akan dapat khusyu’ apabila harus bolak-balik ke tempat wudhu. Anda juga harus mengantisipasi kalau ingin menunaikan hajat atau ‘panggilan alam’ baik itu buang air kecil ataupun buang air besar. Menuju ke toilet bukan perkara yang mudah saat Anda berada di Masjidil Haram.

Hal ini karena desain bangunan Masjidil Haram berbeda dengan masjid pada umumnya, Anda harus tahu betul letak kamar mandi yang ada di Masjidil Haram. Toilet ini berada di luar area masjid, tepatnya di sebelah pintu masuk utama yaitu pintu King Abdul Aziz atau dekat dengan pintu keluar Bukit Marwah. Bagi Anda yang sedang berada di area masjid, mau tak mau harus menghentikan aktivitas ibadah Anda dan berjalan keluar dari Masjidil Haram.

Penting diperhatikan lagi yaitu waktu yang Anda butuhkan selama di toilet. Berjalan keluar masjid bisa menghabiskan waktu sekitar 10 menit, belum lagi antrian selama di toilet. Oleh karena itu Anda sebaiknya menghindari waktu-waktu dimana toilet ramai oleh jamaah. Biasanya, toilet ramai sebelum masuk waktu sholat berjamaah seperti sholat Maghrib maupun sholat Jumat. Sebaiknya, pastikan semua urusan di toilet sudah selesai sebelum masuk area Masjidil Haram supaya Anda tak perlu meninggalkan Masjid lagi di saat ibadah.

Menyimpan Uang Dengan Aman

Membawa uang tunai menjadi kebutuhan tersendiri bagi Anda saat menjalankan ibadah umrah untuk alat pembayaran ketika di Baitullah. Sebab, mata uang yang digunakan tidaklah sama dengan di Indonesia, Anda harus menukar uang terlebih dahulu sebelum pergi umrah. Anda dapat menukarkannya di jasa penukaran mata uang asing terdekat.

Akan tetapi, sebaiknya Anda berhati-hati dalam membawa uang tunai. Bawa secukupnya saja, jika perlu tulis berapa kebutuhan Anda ketika di tanah suci termasuk untuk membeli oleh-oleh sebelum pulang. Jika Anda membawa uang tunai terlalu banyak, pastinya Anda bisa kerepotan membawanya. Ada kekhawatiran akan kehilangan dan seterusnya.

Anda bisa menjajal beberapa tips berikut ini. Bagi uang tunai Anda ke beberapa tempat, jangan menaruh hanya ke dalam satu wadah saja! Ini mencegah apabila mengalami kehilangan, Anda masih memiliki cadangan uang tunai di tempat lainnya. Simpan secukupnya di tas kecil yang terus dibawa kemanapun bahkan saat dibawa ke masjid. Untuk sebagian lainnya bisa Anda simpan di tas yang Anda tinggalkan di penginapan. Simpan di bagian tas yang diyakini aman ya!

Anda juga bisa menyimpan uang Anda di ATM, apabila membutuhkan uang tinggal ambil di ATM. Menyimpan selembar kartu ATM jauh lebih sederhana dibandingkan dengan membawa segepok uang tunai bukan? Nah, terakhir Anda bisa menjajal memanfaatkan save deposit box yang biasanya disediakan oleh pihak hotel tempat Anda menginap. Hotel dengan minimal bintang 4 biasanya menyediakan fasilitas ini. Jika tidak, Anda dapat menggunakan koper milik pribadi yang dapat Anda kunci saat ditinggal-tinggal.

Tips Agar Koper Tidak Tertukar dengan Jamaah Lain

Koper merupakan salah satu barang penting yang dibutuhkan ketika berangkat umrah untuk mengangkut barang-barang yang dibutuhkan saat berada di tanah suci. Namun, banyak terjadi masalah mengingat sangat banyak koper jamaah lain yang menyebabkan insiden kehilangan atau koper yang tertukar.

38.jpg

Photo by Italic on Unsplash

Nah, untuk mencegah hal tersebut Anda harus menandai koper Anda agar dapat dikenali dengan mudah. Misalnya dengan melekatkan stiker bendera merah putih untuk mengidentifikasi bahwa itu adalah koper jamaah asal Indonesia. Kemudian, jangan lupa untuk menggantungkan identitas diri yang lengkap di koper Anda. Jika perlu disertai foto Anda juga agar lebih jelas. Hal ini menghindari koper Anda diakui oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

Anda juga bisa memakai gantungan kunci unik dan mencolok, yang membedakan koper Anda dengan koper jamaah lain. Cara lainnya, ada pula yang mengikat pita yang warnanya seragam dengan jamaah satu rombongan untuk mempermudah|memudahkan memilih koper. Usahakan untuk selalu memeriksa koper serta isi koper Anda secara berkala selama di tanah suci. 

Tips Menyimpan Tanda Pengenal serta Dokumen Penting

Barang yang sangat penting untuk Anda bawa ketika beribadah umrah adalah tanda pengenal jamaah dan dokumen penting lainnya. Tanda pengenal ini biasanya berisi nama, usia, asal negara, nama regu dan seterusnya sebagai identitas resmi Anda sebagai jamaah umrah. Dokumen penting lainnya misalnya paspor, Anda harus menjaganya baik-baik agar tidak hilang atau ketinggalan di suatu tempat.

Jadi, pastikan untuk menggunakan tas kecil untuk menampung tanda pengenal dan dokumen penting Anda agar dapat dibawa kemanapun Anda pergi. Jangan sekali-kali menitipkan kepada orang lain, atau menaruhnya sembarangan saat wudhu atau meninggalkannya waktu beribadah. Tetap fokus menjaga barang-barang bawaan Anda.

Membawa Benda-Benda Kecil yang Diperlukan

Barang-barang kecil ini tampak remeh, namun harus selalu Anda simpan agar tak kerepotan ketika menjalani ibadah umrah. Diantaranya gunting kecil untuk tahallul, pemotong kuku, cukuran jenggot, tali tambang (berfungsi untuk jemuran pakaian saat di kamar dan mengikat koper), cotton buds, obat-obatan untuk sakit ringan, kaos kaki dan sarung tangan agar tidak kedinginan.

39.jpg

Photo by Brett Jordan on Unsplash

Nah, itu tadi 5 tips praktis yang mempermudah Anda selama menjalani ibadah umrah di tanah suci. Semoga Ibadah umrah Anda berjalan lancar, khusyu’ dan tentunya mabrur ya!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id