10 Hal Yang wajib diperhatikan sebelum memilih agen travel umroh

Memilih Agen Travel Umroh yang paling tepat!

Umroh merupakan salah satu ibadah yang menjadi kebutuhan umat muslim saat ini. Banyak umat muslim yang berlomba-lomba menabung di bank ataupun di biro dan agen perjalanan umroh, agar dapat segera berangkat umroh. 

Travel umroh merupakan sebutan untuk jasa atau biro perjalanan yang menawarkan perjalanan umroh. Pihak travel akan membantu penggunanya untuk mempersiapkan segala keperluan perjalanan umroh. Persiapan ini terkait visa, tiket pesawat, booking hotel, konsumsi, transportasi umroh, hingga pendamping perjalanan umroh.

-> Simak juga, 4 Tips Memilih Agen Travel Umroh Sunnah Terpercaya

Namun demikian, kita perlu lebih berhati-hati jika ingin memilih agen perjalanan umroh ini. Seperti yang kita tahu dari berbagai media, telah banyak travel umroh yang menipu dan melarikan uang jema’ah umroh seperti first travel dan berbagai travel umroh lain yang telah dilaporkan melakukan penipuan. Meski sudah tertangkap, namun tidak ada jaminan pasti bahwa uang yang ditabungnya akan kembali. Selain itu, rencana umroh harus tertunda dan jema’ah harus kembali mendaftarkan diri ke biro perjalanan umroh yang lebih baik.

Berikut ini, tips memilih agen travel umroh yang paling tepat dan aman!
 
1. Pilih Travel Umroh Resmi yang Jelas Legalitasnya 

Memastikan agen travel umroh adalah agen resmi yang jelas legalitasnya, merupakan hal pertama yang harus dilakukan ketika akan mendaftarkan diri menjadi peserta umroh. Pastikan agen travel untuk perjalanan umroh anda merupakan agen resmi yang jelas legalitasnya dan memiliki SK Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag sebagai penyelenggara perjalanan ibadah umroh atau haji.

Legalitas merupakan syarat utama dalam pemilihan travel umroh karena berkaitan dengan kredibilitas dan tanggung jawab mereka pada jamaah nantinya. Tanggung jawab ini dimulai dari keberangkatan, fasilitas yang dijanjikan di Tanah Suci, hingga memastikan jamaah kembali lagi ke Tanah Air sesuai perkiraan yang direncanakan.

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengecek legalitas travel umroh yang dipilih
  1. Cek daftar Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) yang resmi dengan meminta daftarnya dari kantor Depag setempat atau cek langsung di website kementrian agama melalui link: http://haji.kemenag.go.id/v2/basisdata/daftar-ppiu . Selain itu, kamu juga bisa menanyakan info tentang travel umroh berizin ke call center haji di 1500-525. Jika travel umroh pilihanmu sudah masuk dalam daftar diatas, bisa dipastikan bahwa travel umroh tersebut resmi dan layak dipilih.
  2. Pastikan travel umroh pilihanmu memiliki kelengkapan izin sebagai travel umroh dengan menanyakan beberapa dokumen berikut ini:
  3. Surat Izin Tetap Usaha Pariwisata
  4. Tanda Daftar Perusahaan
  5. NPWP Perusahaan
  6. Surat Keterangan Domisili Perusahaan
  7. SK Menteri Kehakiman: Akta Pendirian Perusahaan
  8. SK Depag. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (sebagai penyelenggara perjalanan Ibadah Haji Khusus)
  9. SK Depag. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (sebagai penyelenggara perjalanan Ibadah Umroh)
  10. Sertifikat Anggota Amphuri
  11. Sertifikat Lembaga Bisnis Syariah dari Dewan Syariah Nasional MUI

2. Periksa Alamat Kantor Travel

Sebelum memilih travel umroh yang akan digunakan, survey dulu alamat kantor travel umroh tersebut. Pastikan travel umroh tersebut memiliki kantor yang memadai dan alamat yang sesuai untuk menghindari berbagai permasalahan di kemudian harinya.  

3. Cek Track Record dan Jadwal Umroh yang pernah dijalankan.

Track record atau rekam jejak yang baik dari travel umroh, dapat dilihat dari tanggal berdirinya, yang mana travel umroh yang makin lama tanggal berdirinya bisa dikatakan lebih berpengalaman dan pastinya lebih dapat dipercaya.

Selanjutnya, jadwal penyelenggaraan umroh yang telah dilaksanakan oleh agen tersebut juga menjadi tolok ukur yang perlu diperhatikan. Jumlah perjalanan ibadah umroh yang dijalankan, tingkat kerutinan pemberangkatan jamaah, dan kepastian jadwal pemberangkatan jamaah adalah hal yang juga sangat perlu diperhatikan. Hal ini menyangkut kredibilitas dan kepuasan pelayanan travel umroh tersebut.

Pastikan juga travel umroh yang dipilih, bisa memberikan jadwal keberangkatan yang pasti, mulai dari tanggal, waktu keberangkatan, bandara dan bus yang digunakan untuk pemberangkatan. Jadwal ini, bisa dipastikan, karena setiap travel umroh resmi sudah mendapatkan kuota visa untuk setiap tanggal keberangkatan. Kuota visa inilah yang membuat agen travel tersebut berani membooking tiket pesawat pulang pergi, serta hotel dan berbagai keperluan haji lainnya.

4. Cek kesesuaian biaya dengan fasilitas yang diberikan

Jangan mudah tergiur dengan biaya yang terlalu murah. Selalu pastikan apakah biaya tersebut sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan. Travel umroh yang memberikan harga terlalu murah bisa jadi memberikan fasilitas yang terlalu minim dan akan menyulitkan calon jamaah haji nantinya. Jika travel umroh tersebut menawarkan fasilitas haji yang terlalu ‘wah’ dengan harga terlalu murah, ini bisa jadi indikasi penipuan. 

Namun demikian pastikan juga, harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal untuk fasilitas yang ditawarkan. Hal ini bisa kamu lakukan dengan mencari tahu biaya pembuatan visa, tiket pesawat, sewa hotel, transportasi selama di lokasi umroh, serta berbagai informasi relevan lainnya.
Pengecekan biaya dan fasilitas ini juga sangat diperlukan, untuk memastikan fasilitas apa yang diberikan serta berjaga jaga apabila ada beberapa fasilitas penting yang tidak dibayarkan oleh travel umroh dan perlu dibayarkan sendiri nantinya.

-> Simak juga, Berbagai modus penipuan travel umroh yang perlu kamu waspadai!

5. Cek ulang hotel yang akan ditinggali dan lokasinya

Konfirmasi nama hotel dan lokasinya bisa dilakukan lewat google maps atau aplikasi serupa. Pastikan nama, lokasi, dan rate hotel sesuai keterangan agen travel. 

6. Pastikan anda mendapatkan VISA yang sesuai

Status VISA merupakan hal yang tak kalah penting untuk dicek. Hal ini untuk memastikan ijin perjalanan anda, jangan sampai saat anda akan menjalankan ibadah umroh, anda harus dihalangi karena VISA yang didapat adalah VISA liburan atau jenis VISA lainnya. Hal ini tentu akan mengganggu ibadah umroh yang dijalankan. 

7. Pastikan tidak ada kasus batal berangkat, jika kuota tidak terpenuhi di travel umroh tersebut.

Kasus gagal berangkat karena kuota tidak terpenuhi merupakan kasus yang sering kita temukan. Tanyakan pada travel umroh tersebut, adakah kasus gagal berangkat yang terjadi dan seberapa sering itu terjadi beserta alasannya. Travel umroh terpercaya dengan kredibilitas tinggi, tentunya akan dengan mudah memberikan informasi ini pada para calon pengguna jasanya. 

8. Cek Mekanisme Pembayaran

Pastikan pihak biro perjalanan menggunakan jasa perbankan dengan rekening atas nama perusahaan, bukan atas nama pribadi. Pembuatan rekening atas nama perusahaan bukanlah hal yang sulit dilakukan jika travel tersebut memiliki legalitas yang diperlukan. Apabila ada travel umroh, yang menggunakan rekening pribadi, sebaiknya anda mulai waspada.

9. Bandingkan Program dan Paket yang ditawarkan

Pastikan travel umroh yang dipilih memiliki program atau paket istimewa yang beda dari agen lainnya dan paling sesuai untuk anda. Program istimewa ini bisa berupa adanya pengajian alumni jamaah haji dan umroh, sharing ilmu haji dan umroh, paket perjalanan tambahan lainnya seperti paket umroh plus mesir atau paket umroh plus turki ataupun berbagai paket menarik lainnya. 

10. Pastikan adanya pendamping atau pembimbing ibadah umroh yang terpercaya

Keberadaan pendamping atau pembimbing merupakan hal yang akan sangat membantu saat menjalankan ibadah umroh nantinya, terutama apabila ini adalah ibadah umroh yang pertama kali dilakukan. 

Pembimbing yang terpercaya dan jelas track recordnya pastinya dapat membantu jamaah memenuhi rukun umroh, memberikan informasi terkait setiap tempat yang didatangi, dan menjadi penerjemah saat berkomunikasi dengan penduduk setempat.
 
11. Jangan Tergiur dengan Janji Berangkat Cepat
Janji keberangkatan setelah satu atau dua tahun setelah pendaftaran adalah salah satu hal yang patut dicurigai untuk paket ibadah haji. Hal ini dikarenakan banyaknya antrian jamaah yang mendaftar dan terbatasnya kuota haji dan umroh setiap tahunnya. 

Berbeda dengan haji, umroh dapat dilakukan kapan saja sepanjang tahun asalkan pembayaran sudah lunas. Untuk umroh, hindari janji keberangkatan terlalu lama, karena berisiko batal. 

12. Hindari Travel Umroh dengan Sistem MLM

Sistem MLM yang ditawarkan travel umroh biasanya dilakukan dengan meminta biaya pendaftaran, lalu calon jamaah diminta mengajak orang lain untuk bergabung sebagai downline. Calon jamaah baru bisa berangkat umroh setelah mengumpulkan sejumlah downline yang ditentukan. Sistem seperti ini tidak mengutamakan pelayanan dan hanya mengacu pada keuntungan. Sistem ini juga diharamkan oleh sebagian ulama karena dianggap menguntungkan satu pihak dan merugikan pihak lain.

13. Tanya Kerabat atau Kenalan yang pernah Haji atau Umroh

Ini merupakan langkah yang paling direkomendasikan. Kenalan atau kerabat yang pernah menjalankan haji atau umroh tentunya sudah memiliki pengalaman lebih dengan agen perjalanan terkait. Mintalah review atau saran dari kerabat atau kenalan tersebut agar dapat memilih travel umroh yang aman dan sesuai dengan budget ataupun kebutuhan.

Demikian tips memilih Travel Umroh dan Haji yang tepat, aman dan terpercaya!. Hati-hati, cermat dan teliti dalam pemilihan agen perjalanan merupakan salah satu bentuk ikhtiar untuk terlaksananya ibadah haji yang baik dan nyaman tentunya. 

Pastikan untuk selalu wasada, dan bagikan informasi ini pada siapapun yang ingin terhindar dari penipuan travel umroh.
 
Sumber Referensi:

Agung Tri Ciptadi. 2 April 2016. 10 Tips Memilih Travel Umroh Yang Terpercaya. Gulalives.co – https://goo.gl/viQsbn
Admin. 5 Cara Memilih Travel Umroh. Biayaumroh.org – https://goo.gl/H7m7XY
https://www.finansialku.com/memilih-travel-umroh/
http://suplemenhajiumroh.id/cara-memilih-travel-haji-umroh/
http://infohaji.co.id/cerdas-dalam-memilih-travel-umroh/
https://www.boombastis.com/agen-travel-umroh-terpercaya/117502



  • Head Office

    Ajwad Resto - Lantai 3

    Jl. Condet Raya No. 50, RT.1/RW.3
    Batu Ampar, Kramatjati, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13520

    Jam Kerja

    Senin - Jumat : 09:30 - 18:00 WIB

    Sabtu & Ahad : hanya lewat WhatsApp

    Phone

    : 0877-7111-1142 Customer Service